Iklan 1060x90

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Akhiri Safari Ramadhan 1445 H di LPP Palu

Dito Pieter
09 April 2024, April 09, 2024 WIB Last Updated 2024-04-09T15:27:55Z
MediaJawa – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tengah (Kakanwil Kemenkumham Sulteng), Hermansyah Siregar, mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1445 Hijriah di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Palu, Selasa, (9/4/2024).

Dihadiri oleh para Kepala Divisi, Pejabat Administrator dan Pengawas serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian se-Kota Palu, momen puncak kegiatan Safari Ramadhan ini diawali dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada para warga binaan perempuan (WBP) berupa paket sembako hingga alat ibadah.

Kakanwil Kemenkumham Sulteng juga berkesempatan untuk berdialog dengan para WBP dan mendengarkan keluh kesah mereka selama menjalani ibadah puasa di dalam LPP Palu.

Hermansyah Siregar, menyampaikan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini merupakan agenda rutin tahunan Kanwil Kemenkumham Sulteng dalam rangka menjalin silaturahmi dan meningkatkan keimanan di bulan suci Ramadhan.

Ia menerangkan, bahwa dipilihnya LPP Palu sebagai puncak safari ramadhan merupakan bentuk penghargaan atas peran besar dari seluruh perempuan dalam kokohnya dari sebuah keluarga.

“Kami ingin berbagi kebahagiaan dengan para WBP di bulan Ramadhan ini. Kami juga ingin memberikan motivasi kepada mereka agar tetap semangat dalam menjalani hidup dan kembali ke jalan yang lebih baik setelah bebas nanti,” Hermansyah Siregar.

Lebih lanjut, Hermansyah juga mengatakan bahwa LPP Palu telah banyak melakukan pembinaan terhadap para WBP, seperti program pembinaan kepribadian, program pembinaan kemandirian, dan program pembinaan keagamaan.

“Baru-baru ini kita telah menyelesaikan pembangunan ruangan pembinaan disini, dari Gereja, Ruang Keterampilan hingga Klinik kesehatan. Kami berharap para WBP dapat memanfaatkan program-program pembinaan ini dengan sebaik-baiknya agar mereka dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah bebas nanti,” tuturnya.

Kegiatan Safari Ramadhan ini juga diisi dengan tausiyah agama oleh Ustad Abdjan Jauhari yang merupakan penyuluh agama oleh Kementerian Agama Kab. Sigi. Dalam tausiyahnya, ia menyampaikan tentang pentingnya menjaga keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta pentingnya saling memaafkan di bulan Ramadhan.

Ia juga mengapresiasi atas kegiatan safari ramadhan yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Sulteng guna lebih dekat dengan para Warga Binaan diseluruh Lapas/Rutan di Sulteng.

Sama seperti di tempat yang lain, kegiatan safari ramadhan tersebut bertambah istimewa dengan kehadiran anak-anak dari Panti Asuhan Nurul Ilahi, Kakanwil juga turut memberikan santunan.

Ia berharap agar anak-anak tersebut dapat menjadi pemimpin yang baik dimasa yang akan datang.

“Setiap perjalanan Safari Ramadhan, kita mengundang anak-anak kita di Panti Asuhan, mereka semua adalah harapan kita agar menjadi pemimpin yang baik untuk bangsa kita dimasa depan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala LPP Palu, Nur Mustafidah bersyukur atas dipilihnya LPP Palu sebagai lokasi puncak Safari Ramadhan. Ia menuturkan bahwa hal tersebut menjadi momentum untuk meningkatkan pembinaan disana.

“Sangat bersyukur bisa diakhiri disini, semoga menjadi penyemangat kita juga untuk lebih meningkatkan pembinaan kepada WBP,” imbuh Nur.

- Kanwil Kemenkumham Sulteng 
Komentar

Tampilkan

  • Kakanwil Kemenkumham Sulteng Akhiri Safari Ramadhan 1445 H di LPP Palu
  • 0

Berita Terkini

Iklan