Iklan 1060x90

Semarakkan HBP Ke-60, Rupbasan Kupang Gelar Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Petugas

Dito Pieter
19 April 2024, April 19, 2024 WIB Last Updated 2024-04-19T07:57:09Z
MediaJawa - Dalam rangka menyemarakkan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Kupang menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh petugas Rupbasan Kupang termasuk beberapa petugas pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi se-Kota Kupang, Jumat (19/04). Kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar kerja sama dengan Puskesmas Pasir Panjang, dan pelaksanaannya dilakukan oleh Perawat, Naomi Lalel.

Dalam kesempatan ini, Kepala Rupbasan (Karupbasan) Kupang, Sahid Andriyanto Arief, menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut lebih difokuskan pada pemeriksaan tensi atau tekanan darah dan penyuluhan terkait pengertian tensi darah, bahaya hipotensi (tekanan darah rendah) dan hipertensi (tekanan darah tinggi), gejala-gelaja yang ditimbulkan serta cara penanganannya.

"Penyuluhan tentang tensi darah ini sangat penting disampaikan kepada seluruh petugas agar mereka tahu secara jelas cara penanganan yang cepat dan tepat," ujar Andriyanto

Lebih lanjut, Andriyanto juga menerangkan bahwa pemeriksaan kesehatan yang dilakukan tidak hanya sebatas pemeriksaan tensi darah, tetapi juga dilanjutkan dengan pemberian tablet vitamin.

Usai penyampaiannya, Perawat, Naomi Lalel, melanjutkan dengan memberikan penyuluhan dan pemeriksaan tensi darah yang saat itu dibantu oleh seorang petugas Rupbasan Kupang yang memiliki keahlian di bidang keperawatan, yakni Sesilia C. M. Utung.

Saat penyuluhan berlangsung, Naomi berharap agar para petugas yang mengidap hipotensi dan hipertensi dapat melakukan tindakan penanganan dengan cara mengkonsumsi obat secara rutin, menjaga pola makan, mengatur waktu istrahat yang cukup, dan menghindari berbagai hal yang menyebabkan terjadinya masalah kesehatan tersebut.

"Kita harus paham dengan kondisi kesehatan kita terutama dalam menangani masalah kesehatan hipotensi dan hipertensi. Hipotensi dan hipertensi gejalanya hampir mirip. Jadi, kalau timbul gejala, harus segera diperiksa agar tahu cara penanganan yang tepat, sehingga tidak berakibat fatal," jelas Naomi saat memberikan penyuluhan.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pemeriksaan tensi darah terhadap masing-masing petugas. Seluruh petugas yang hadir sangat antusias untuk diperiksa, karena mereka sadar betapa pentingnya kesehatan bagi diri mereka.

Mengakhiri kegiatan, Karupbasan Andriyanto mengajak seluruh petugas yang diperiksa untuk selalu menjaga kesehatan, karena menurutnya, kesehatan yang baik akan sangat mempengaruhi peningkatan kualitas kinerja dan produktivitas kerja.

Hal tersebut disampaikannya sesuai dengan imbaun Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, agar seluruh jajaran di lingkungan kerja Kemenkumham NTT dapat selalu menjaga kesehatan demi menunjang kualitas kinerja dan produktivitas kerja.

- Rupbasan Kupang 
Komentar

Tampilkan

  • Semarakkan HBP Ke-60, Rupbasan Kupang Gelar Kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Petugas
  • 0

Berita Terkini

Iklan