Iklan 1060x90

Kalapas Narkotika Karang Intan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 bersama Pemkab Banjar

Anna Shaera
01 Juni 2024, Juni 01, 2024 WIB Last Updated 2024-06-01T06:46:57Z

MediaJawa – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan, Wahyu Susetyo, ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2024 bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura, Sabtu (1/6). Upacara tersebut diikuti oleh Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi, unsur Forkopimda, Sekda Banjar, para staf ahli dan asisten, para kepala SKPD dan camat, ASN, TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, KNPI, PGRI, PCNU, PMI, Pramuka dan pelajar SMP/SMA sederajat.

 

Wahyu mengungkapkan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila harus menjadi momentum penting bagi seluruh jajaran untuk semakin menguatkan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek tugas dan tanggung jawab sehari-hari. 

 

"Acara ini mengingatkan bahwa Pancasila adalah pedoman utama dalam menjalankan tugas dan kewajiban sehari-hari, menerapkan nilai-nilai Pancasila untuk menghadapi berbagai tantangan zaman, serta mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari guna memperkuat persatuan dan kesatuan antar sesama. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya persatuan dan kerja sama dalam menjaga keutuhan bangsa," ujarnya.

 

Ia menambahkan, peringatan Hari Lahir Pancasila tidak hanya sebagai bentuk penghormatan atas simbol jiwa patriotisme terhadap Pancasila, tetapi juga sebagai momentum untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Hal ini termasuk dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sebagai petugas Pemasyarakatan.

 

“Kita harus menjadi bagian dari upaya mewujudkan cita-cita negara untuk membangun peradaban yang lebih baik bagi bangsa dan negara. Selain itu, peringatan ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai Pancasila serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

 

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Komandan Distrik Militer 1006, Letkol Kav Zulkifer Sembiring. Ia membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi, pada peringatan Hari Lahir Pancasila yang mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. 

 

Tema ini mengandung maksud Pancasila menyatukan dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.


- Lapas Narkotika Karang Intan

Komentar

Tampilkan

  • Kalapas Narkotika Karang Intan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila 2024 bersama Pemkab Banjar
  • 0

Berita Terkini

Iklan