Iklan 1060x90

Tak Diduga Mahasiswi S1 Psikologi UMB Berhasil Raih 3rd Best Speaker Dalam Debat Bahasa Inggris

Tim Redaksi
08 Oktober 2023, Oktober 08, 2023 WIB Last Updated 2023-10-08T01:59:12Z

Ini kisah hebat tentang seseorang bernama Alfina Hidayah atau kerap dipannggil “fina” atau “alfina” jika di lingkungan formal. Cewek yang mengambil kuliah jurusan S1 Psikologi di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin  lahir pada tanggal 20 Maret 2003 sehingga usia Alfina saat ini telah menginjak 20 tahun. Fina tumbuh dewasa di Desa yang tidak tersohor namanya bernama Desa Bantuil, Kecamatan Cerbon di pinggiran Sungai Barito, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Alfina merupakan putri sulung dari dua bersaudara dan tentu menjadi anak pertama di keluarga merupakan berkah sekaligus membawa beban moril karena harus bisa menjadi panutan dan tidak jarang pula saya berperan seperti “call center” pribadi dia sehingga harus serba tahu terlebih setelah ibunda kami meninggal dunia di awal tahun 2023 ini.

 


Di tahun 2019 ketika masih duduk di bangku SMA Kelas 10, Fina ditawarkan untuk membersamai kakak kelasnya dalam sparing debat Bahasa Indonesia dan tanpa disangka akhirnya ia diikutkan pada Lomba Debat Bahasa Indonesia tingkat Kabupaten Barito Kuala. Meski saat itu gagal meraih juara pertama, namun pengalaman yang sangat luar biasa dapat berkompetisi hingga tahap grand final. Setelah pandemi melanda, Alfina mulai kehilangan harapan untuk dapat berkompetisi lagi. Kemudian, pada Agustus 2023 kemarin ia kembali diberi kepercayaan untuk mewakili kampus tempatnya berkuliah yakni  Universitas Muhammadiyah Banjarmasin  pada perhelatan KDMI (Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia) di tingkat seleksi wilayah. Dan  meskipun belum dapat lolos ke tahap berikutnya Alfina sudah merasa bangga dapat bertemu dengan debater – debater hebat dari seluruh Kalimantan.

 

Kemudian pada akhir Juli 2023, Finatiba-tiba mendapat tawaran untuk ikut sparing debat lagi dan awalnya ia menolak tawaran tersebut karena debat yang ingin dilaksanakan adalah debat dalam Bahasa Inggris sedangkan dia cukup lemah dalam hal tersebut. Namun pada akhirnya, saya memberanikan diri ikut meski dengan kondisi yang belum fit serta basic debating yang sangat jauh dibanding tim lainnya. Jujur, saya merasa berat karena pertimbangan banyak hal, namun seperti yang sudah-sudah hal ini akan jadi pengalaman seumur hidup sehingga ia berharap debat Bahasa Inggris bisa menyasar lebih banyak lagi kalangan terlebih mereka yang memang punya passion debating dan mumpuni skill Bahasa Inggrisnya. Dan pada akhirnya Alfina berhasil meraih 3rd Best Speaker dari NDS (National Debating Spar) yang diadakan oleh UMB bersama pihak ketiga yang berlangsung selama kurang lebih 14 hari.

 


Selain debat, Alfina juga memiliki  hobi di bidang kesenian seperti teater dan dari hobi ini ia pernah menjuarai FLS2N cabang monolog di tingkat Kabupaten Barito Kuala dan beberapa kali juga menjuarai lomba bekisah Bahasa Banjar.

 

Demikian kisah hebat dari Cewek jurusan S1 Psikologi di Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Semoga menginspirasi kita semua untuk terus belajar dan berprestasi. 

Komentar

Tampilkan

  • Tak Diduga Mahasiswi S1 Psikologi UMB Berhasil Raih 3rd Best Speaker Dalam Debat Bahasa Inggris
  • 0

Berita Terkini

Iklan